• Prodi Teknik Sipil
  • 31. 08. 2020
  • 50

 

SEJARAH

Laboratorium Teknik Sipil Universitas Teuku Umar awal berdiri sejak 2012. Tujuan dari laboratorium ini ialah untuk mendukung proses pembelajaran yang berkaitan dengan praktik atau penerapan atas teori, penelitian dan pengembangan keilmuan Program Studi Teknik Sipil Fakultas TeknikUniversitas Teuku Umar, sehingga dapat mendukung dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat kedepannya Adapun praktikum yang harus diikuti oleh mahasiswa Teknik Sipil Universitas Teuku Umar pada Laboratorium, yaitu:

  1. Praktikum Ilmu Bahan Bangunan
  2. Praktikum Ilmu Ukur Tanah
  3. Praktikum Mekanika Tanah
  4. Praktikum Perkerasan Jalan Raya
  5. Praktikum Hidrolika

 

Oleh karena persediaan alat yang belum memadai di Laboratorium Teknik Sipil Universitas Teuku Umar, praktikum perkerasan jalan raya dan praktikum hidrolika saat ini masih dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala. Adapun Laboratorium yang tersedia pada Program Studi Teknik Sipil Universitas Teuku Umar meliputi:

  • Laboratorium Ilmu Bahan Bangunan

Laboratorium Ilmu Bahan Bangunan ini didirikan pada tahun 2018, namun praktikum ilmu bahan bangunan baru dilaksanakan pada Tahun 2019. Saat ini, laboratorium ini sudah memiliki peralatan yang cukup memadai untuk pelaksanaan praktikum ilmu bahan bangunan dengan tersedianya peralatan dan laboran. Pengujian yang dapat dilakukan ialah pengujian kuat tekan dan membuat rancangan campuran beton. Karena persediaan alat yang masih minim, pengujian kuat lentur dan kuat geser saat ini belum dapat dilakukan di Laboratorium Teknik Sipil Universitas Teuku Umar.

  • Laboratorium Mekanika Tanah

Laboratorium mekanika tanah ini didirikan pada tahun 2018, namun praktikum ilmu bahan bangunan baru dilaksanakan pada Tahun 2019, mengingat persiapan alat dan bahan pada Laboratorium baru. Saat ini peralatan yang tersedia, sudah dapat digunakan untuk dilaksanakan praktikum mekanika tanah. Adapun beberapa yang kegiatannya, yaitu pengambilan sampel tanah,uji berat isi dan kadar air tanah, penentuan berat jenis tanah, uji saringan, uji batas-batas atterbergh, uji kepadatan pasir, uji hydrometer, dan uji geser langsung.

  • Laboratorium Ilmu Ukur tanah

Laboratorium ilmu ukur tanah ini sudah didirikan sejak tahun 2012. Peralatan dan laboran yang tersedia, sudah cukup memadai untuk dilakukan praktikum ilmu ukur tanah di LaboratoriumTeknik Sipil Universitas Teuku Umar. Adapun beberapa alat yang digunakan dalam praktikum ini ialah theodolite, alat ukur sipat datar, waterpass, dan saat ini wilayah yang digunakan dalam melakukan praktikum ini ialah wilayah kampus Universitas Teuku Umar.