UTU Raih Peringkat 1 Terbaik Nasional Capaian IKPA 2021, Kategori PTN Satker
  • UTU News
  • 28. 01. 2022
  • 0
  • 2024

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, penghargaan IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) tahun 2021 diraih UTU sebagai PTN Satker dengan nilai tertinggi se-Indonesia, Kamis (28/1/2022) siang.

Penghargaan IKPA yang diselenggarakan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI tersebut diketahui berdasarkan hasil review Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran tahun 2021 khususnya Ditjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud Ristek.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas kinerja seluruh jajaran dalam pengelolaan keuangan negara sehingga UTU berhasil mendapat peringkat pertama Nasional dalam penilaian IKPA TA 2021 kategori PTN Satker. 

“Terima kasih atas kinerja seluruh jajaran dalam memastikan kualitas kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi,” ujar Prof Jasman

Alhamdulillah, UTU meraih penghargaan tingkat nasional dalam ajang IKPA 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dalam penilaian tersebut UTU memperoleh nilai 97,5.

Kepada Humas UTU, Prof Jasman menjelaskan IKPA adalah indikator yg ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian/Lembaga (K/L) dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.

“Pengukuran IKPA ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung visi misi Presiden Jokowi mengenai penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang harus fokus dan tepat sasaran”. Jelas Prof Jasman

IKPA menjadi ukuran evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran yang memuat 13 indikator dan mencerminkan aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan pada regulasi, serta efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan. 

Dengan mencapai IKPA, sambung Prof Jasman, berarti UTU menjamin tercapainya output dan outcome dari programnya, sehingga impact -nya dapat dirasakan masyarakat.

”Outcome yang dalam hal ini adalah manfaat dari belanja Negara terhadap pelayanan publik dan pembangunan, harus dirasakan oleh masyarakat secepat mungkin yang secara keseluruhan harus tercapai pada akhir tahun”. Pungkas Prof Jasman

Selain sebagai PTN Satker terbaik Nasional, UTU juga merupakan satu-satunya PTN di pulau Sumatera yang berhasil masuk dalam 15 PTN peraih nilai IKPA terbaik 2021 (kategori PTN-BH, PTN-BLU dan PTN Satker), (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :